Wednesday, March 20, 2019

Kenapa Harus Di Bumi?



banyak orang bertanya kenapa sih kita harus hidup di bumi dan kenapa kita tidak hidup di pelanet lain? dan kenapa harus bumi?

  • history ilmiah 
inilah beberapa faktor bumi memang layak untuk kehidupan.

 semua berawal dari sekitar 4500 milyar tahun lalu ketika satu satunya bintang di tata surya kita matahari terbentuk, kala itu belum ada pelanet yang terbentuk di tata surya kita. hanya ada gas dan debu yang berputar  mengelilingi matahari, saat debu dan gas tersebut mengelilingi matahari mereka akan saling tabrakan hingga menjadi besar dan terbentuk pelanet termasuk bumilah salah satunya. pada peroses pembentukan bumi jarak antara pelanet bumi dan matahari tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat sehingga bumi mempunyai suhu yang tepat untuk bakal calon kehidupan, tentunya untuk membuat Air tidak terlalu menguap maupun membeku, nah inilah syarat pertama untuk sebuah pelanet untuk menunjang kehidupan. yaitu jarak yang pas dengan bintang terdekat nah faktanya pelanet mars dan venus memiliki syarat ini loh. bumi yang semakin terbentuk terus di hujani oleh meteor dan komet yang beraneka ragam jenisnya hingga akhirnya terbentuklah inti bumi yang terbuat dari besi dan nikel pada suhu 5400*C karena inti bumi yang terbentuk dari besi cair yang bergerak maka  terbentuk lah medan magnet yang sngat kuat ini lah syarat kedua untuk menunjang kehidupan.
memiliki medan magnet, medan magnet inilah yang berfungsi untuk melindungi kita dari radiasi dan angi matahari yang sangat berbahaya bagi kehidupan.selain itu tanpa medan magnet , gas gas yang ada di sekitaran bumi pasti akan menjauh karena tertiup angin matahari, nah karena perlindungan dari medan magnet yang sangat kuat gas yang ada di sekitar bumi yang terdiri dari, Metana, Hidrogen, Uap Air dan Karbon Dioksida di tarik oleh gravitasi yang mengelilingi bumi maka terciptalah atsmofer. tapi kala itu atsmofer bumi masih sangat berbahaya bagi calon makhluk hidup walaupun demikian bumi sudah mengantongi syarat ke tiga yaitu memiliki ketebalan atsmofer yang pas untuk menunjang kehidupan makhluk hidup. setelah di hujani meteor dan komet selama ribuan tahun akhirnya air yang di bawa meteor dan komet berkumpul menjadi satu hingga menutupi hampir menutupi permukaan bumi yang hanya menyisakan sedikit daratan inilah syarat yang harrus di miliki buma yaitu harus memili Air yang memiliki komposisi yang pas untuk makhluk hidup,   baru sekitar 3000 tahun yang lalu sudah muali muncul kehidupan yang baru pertama dengan ukuran yang sangat kecil dan hanya bisa dilihat dari microsop, salah satunya adalah syano bakteri, bakteri inilah yang mempunyai tugas sangat penting untuk menisi bumi dengan oksigen melalu proses fotosintesis, namun untuk mengisi bumi dengan oksigen butuh jutaan tahun lamanya. 

Lalu Bagai Mana Dengan Pelanet Venus Dan Mars?



 pelanet venus sendiri memiliki atsmofer yang sangat tebal, coba bayangkan kalu kita hidup dengan udara sepadat air gak bisa nafas dong kita. selain itu venus memiliki suhu permukaan sekitar 460*C  mateng dong kita.  sedangkan untuk pelanet mars sendiri memiliki atsmofire yang sangat tipis yang terdiri dari karbon dioksida  sehingga berbahaya untuk kehidupan, dengan jarak yang sedikit jauh mars memiliki suhu permukaan dengan -63*C  huh ademm. dan yang paling penting adalah mars tidak memiliki medan magnet. sehingga mars tidak memiliki perlindungan dari radiasi  matahari.

jadi syp yang mao tinggal di selain bumi nihh hehehe.
Disqus Comments