Monday, March 11, 2019

5 bintang yang lebih besar dari matahari

matahari ialah bintang di pusat tata surya ini bentuknya nyaris bulat dan terdiri dari plasma panas bercampur medan magnet ukuran radis jari jari matahari sekitar 696.000 km. matahari hanya satu dari sekian banyak bintang di jagad raya ini, tapi ternyata matahari bukanlah bintang terbesar di jagad raya ini sob. mungkin masih banyak di antara kita yang berfikir kalau matahari ialah bintang terbesar di tata surya ini hehehe, bukan sobb ternyata bintang yang terbesar di tata surya ini ialah....

berikut 5 bintang terbesar di tata surya:

bintang  urutan ke 5.

                                                   

  bintang terbesar di urutan ke 5 ini ialah SIRIUS A,  bintang ini di bagi menjadi dua yaitu sirius A dan sirius B, bintang ini merupakan bintang yang sangat cerah, sirius A merupakan bintang yang sangat cerah ketimbang sirius B. jarak antara bintang ini dengan bumi yaitu 8,6 tahun kecepatan cahaya dari bumi,Sirius A memiliki radius 740.000 mil (1,2 juta km), 71% lebih besar dari jari-jari matahari,


bintang urutan ke 4.

 

Pollux. Bintang ini lebih besar dari Matahari dengan massa 2 kali lebih masif dari Matahari dan memiliki radius 8,8 kali jari-jari Matahari. Pollux, juga disebut sebagai Beta Geminorum (β Gem / β Geminorum), adalah bintang raksasa jingga (orange giant) yang berada pada jarak 33,78 tahun cahaya (10,36 parsec) dari Bumi dan terletak di rasi Gemini. Pollux termasuk bintang tercerah di langit malam, juga tercerah di rasi, jika dibandingkan dengan "kembarannya" (α Gem atau Castor).Bintang ini memiliki magnitudo 1,1 Pada tahun 2006,

Pollux dulu masuk dalam bintang jenis deret utama tipe A,namun Pollux telah menghabiskan hidrogen di intinya dan sekarang berevolusi menjadi bintang raksasa dengan klasifikasi K0 III.Suhu bintang ini berkisar 4.666 kelvin,yang menempatkannya dalam kisaran yang menghasilkan warna jingga, karakteristik bintang K-type.Pollux memiliki kecerahan 43 kali lebih cerah dari Matahari dan diperkirakan lebih tua daripada Matahari.



bintang urutan ke 3.

Aldebaran (α Tau, α Tauri, Alpha Tauri) adalah bintang paling terang dalam rasi Taurus dan salah satu bintang paling terang dalam langit malam. Aldebaran merupakan bintang yang paling mudah ditemukan di langit, dengan diameter 44.2 kali lebih besar dari diameter Matahari. Nama Aldebaran berasal dari bahasa Arab yang berarti "pengikut", karena bintang ini terlihat mengikuti Pleiades di langit. Karena lokasinya berada di kepala Taurus, bintang ini dijuluki sebagai Bull's Eye.
 


bintang urutan ke 2.





Bintang supergiant biru ini memiliki jarak ke Bumi sekitar 850 tahun cahaya. Dengan kata lain, cahaya  dari bintang Rigel yang nampak di langit malam adalah cahaya bintang ini pada 850 tahun yang lalu. Cahaya dari bintang Rigel saat ini diperkirakan sebelum Columbus menemukan pinggiran benua Amerika Utara, yaitu dipancarkan sekitar 250 tahun yang lalu. Bintang Rigel merupakan bintang yang memiliki energi yang sangat besar, massa dari bintang Rigel mencapai 21 kali massa Matahari.
Bintang rigel sang maha raksasa berwarna putih kebiruan merupakan bintang yang lebih besar daripada matahari. Radius bintang Rigel yang lebih besar 78 kali dari matahari atau sekitar 54,250,000 km, menyebabkan bintang ini memiliki suhu permukaan sekitar 12.000 derajat celcius. Oleh karena itu, kita perlu bersyukur karena pelanet bumi dan planet di sistem tata surya kita lainya mengorbit pada matahari yang suhunya sekitar 5.500 derajat celcius. Selain itu, cahaya dari bintang Rigel sangat  terang, yaitu 40.000 kali lebih terang dari matahari. Oleh karena itu, jika peran matahari sebagai pusat tata surya digantikan oleh bintang Rigel, maka posisi Bumi harus berada lebih jauh 200 kali dari posisi saat ini agar bisa menjadi planet layak huni. Posisi tersebut setara dengan 5 kali jarak Matahari ke Pluto.
Total radiasi bintang Rigel bisa mencapai 66.000 kali lebih kuat dari matahari jika kita menghitung inframerah, ultraviolet dan sebagainya. Dan jika bintang Rigel ditempatkan di pusat tata surya kita, besaran diameter bintang Rigel akan mencapai orbit dari planet Merkurius.




bintang urutan ke 1.




Antares merupakan bintang yang paling menonjol di konstilasinya. Maka dari itulah ukuran bintang ini juga cukup atau bahkan lebih dari cukup besar. Apabila dibandingkan dengan Bumi, maka ukuran bumi tidak ada apa- apanya. Bahkan ukuran Antares ini beratus- ratus kali lipat dibandingkan dengan matahari. Diameter yang dimiliki Antares 700 kali lebih besar daripada diameter matahari. Sungguh luar biasa besarnya Antares ini, bahkan dibandingkan dengan matahari sekalipun. Apabila kita bermain andai- andai dimana pusat tata surya kita, yakni matahari, diganti dengan Antares, maka planet- planet di depan orbit Mars akan hilang saking besarnya Antares ini.



demikian urutan-urutan 5 bintang lebih besar dari matahari. mungkin sampai di siini dulu penjelasannya. ada yang ingin bertanya silahkan commen di bawah. okk.
Disqus Comments